Minggu, 30 Mei 2010

LAYANAN UNTUK MENYUARAKAN PENDAPAT

06 Feb 2010

* Koran Tempo
* Teknologi

Pengguna bisa membuat topik jajak pendapat sendiri.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang sering kali memiliki pendapat yang berbeda-beda ketika menyikapi sebuah masalah. Pro dan kontra dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara tentu menjadi hal yang jamak dan biasa terjadi. Kendati sudah menentukan sikap, orang kerap kali tidak tahu harus menyalurkan ke mana pendapatnya itu.

Seperti soal wacana pencopotan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di tengah sengkarut masalah bailout Bank Century. Atau mungkin soal penting atau tidaknya infotain-men bagi pemirsa televisi. Bisa saja Anda atau orang di sekitar Anda ingin menyikapinya, tetapi tak tahu ke mana harus."bersuara".Nah, belum lama ini lahir sebuah situs baru, Tentukan.com (http://tentukan.com).Bisa dibilang situs ini bakal menjadi tempat "penyaluran" bagi mereka yang rak tahu harus ke mana ketika ingin menentukan sikap atas permasalahan yang kerap kali muncul di masyarakat.

Situs yang dikembangkan oleh FT Lintas -Batas-ini adalah layanan online untuk publik yang ingin menyuarakan kepentingannya melalui petisi, jajak pendapat (polling), atau debat. Lintas Batas adalah perusahaan yang membawahkan Dagdigdug Indonesia, layanan ueb hosting lokal yang produktif meluncurkan sejumlah situs web model user generated content dan user mo-dernted content.Seperti halnya situs-situs keluaran Lintas Batas yang tergabung dalam "keluarga" situs Saling Silang (ItttpS/salingsilang.coni), Tentukan.com merupakan situs user generated content. Dengan demikian, situs ini juga mempersilakan penggunanya untuk mengelola, mengisi, dan memoderasi situs bersama-sama.

Tenrukan.com menyediakan beberapa fitur, antara lain Polling, Rating, Dukungan, Debat, dan Petisi. Karena ini situs model user generated conlenf, pengguna yang telah terdaftar menjadi anggota juga bisa membuat polling, rating, dukungan, debat, maupun petisi sendiri secara gratis.Jajak pendapat di sini adalah cara untuk mengukur opini publik secara online tentang suatu hal berdasarkan sampel tertentu. Menurut salah satu pengelola Tentukan.com, Yusro M. Santoso, topik yang bisa dilakukan jajak pendapat di sini tak cuma politik atau masalah yang sedang aktual di masyarakat."Tetapi bisa saja untuk mengukur opini publik tentang produk," ujarnya kepada iTewpo, Rabu lalu. Misalnya bagaimana pendapat publik tentang telepon seluler BlackBerrv dibanding iPhone. Atau mana yang lebih dipilih update status di Facebook atau Twitter.

Sedangkan fitur Rating adalah untuk menentukan seberapa jauh penilaian publik terhadap topik bahasan yang kita tentukan. Misalnya soal sterilisasi busivay dari kendaraan lain. Karena ingin mencari rating, fitur ini menyediakan beberapa jawaban yang bisa dipilih publik. Apakah setuju, ragu-ragu, atau tidak setuju dengan wacana tersebut.Adapun Dukungan adalah fitur untuk mencari dukungan dari komunitas kita sendiri atau masyarakat luas tentang suatu hal yang sedang direncanakan. Misalnya dukungan untuk mempertahankan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan atau dukungan terhadap Pulau Komodo agar menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia baru.

Fitur yang mirip Dukungan adalah Petisi. Fitur ini untuk menyampaikan permintaan secara tertulis kepada pemegang otoritas, baik lembaga maupun pemerintah, buat melakukan sesuatu hal. Yang agak berbeda adalah fitur Debat. Ini adalah fasilitas untuk memperdebatkan dua pendapat yang berbeda tentang suatu hal. Di fitur Debat ini, pendapat yang pro maupun kontra ditampilkan berhadapan, untuk menunjukkan "pertarungan" dua sikap yang berlawanan.Menurut Yusro, meski Tentu-kan.com baru sekitar dua pekan muncul di ranah maya, pengguna yang telah memberikan suaranya di situs ini cukup banyak, lebih dari 670 orang, dengan hampir 300 orang memberi komentar. "Di antara kelima fitur itu, Polling masih yang terbanyak menjaring pendapat," katanya.

Karena tergolong baru dan belum diluncurkan secara resmi, beberapa topik jajak pendapat di Tentukan.com "ditempelkan" di situs-situs lain dalam keluarga Saling Silang.com. "Misalnya polling untuk memilih demo masaknya Farah Quinn atau Bara Pati-radjawane, juga di-embed di situs Langsung Enak, yang membahas kuliner," ujar Yusro.Selain bisa membuat topik sendiri, ke depan pengguna bisa menampilkan jajak pendapat yang dibuatnya di blog pribadi masing-masing. "Tapi fitur ini belum diluncurkan karena Tentukan.com masih\3alam tahap uji coba," kata Yusro. Ayo, saatnya menentukan pendapat, fl) dimas

1 komentar:

  1. Kalau ingin lebih sehat di tengah pandemi bisa cari tahu di blog kami Usana Bali, jangan ragu untuk hubungi kami kaka!

    BalasHapus