Minggu, 30 Mei 2010

Facebook Haram, Lahirkan Beberapa Pendapat

May 25, 2009 Leave a Comment
Facebook Haram, demikian hasil Musyawarah forum santri se-jawa timur. Diharamkannya facebook ternyata menimbulkan kontroversi diberbagai kalangan. Sama seperti fatwa Haram Merokok yang dikeluarkan oleh MUI, Hasil musyawarah lebih tepatnya hasil bahtsul masa’il forum santri putri yang didukung oleh MUI jawa timur
tersebut juga menimbulkan Pro-Kontra.


Terlepas dari pro-kontra Facebook Haram, berikut beberapa pendapat dari para sahabat blogger yang telah memberi komentar terhadap Artikel forum santri haramkan facebook, terlalu berlebihan :


Novi Berpendapat : facebook barusan booming. rasanya terburu-buru bagi mereka (baca: yang mengharamkan facebook) untuk mengharamkan fesbuk. sesuatu hal yang tiba-tiba dilarang itu sama saja dengan menangguhkan kegembiraan orang lain. dan menangguhkan kegembiraan adalah dosa,
kegembiraan yang saya maksud adalah ketika pengguna Fesbook merasakan syukurnya bisa berjumpa kembali dengan teman2 yang telah lama hilang, mengikuti uneg2 teman2nya lain, dsb..
Lebih baik forum santri itu membuau group tersendiri dalam Facebuk dan menyirami dengan hal2 kebaikan, dsb.


Alvien Rizki Berpendapat : Saya menilai yang menyatakan facebook haram memang berlebihan.


Kopral Cepot Berpendapat : “Haram” atawa “Haram” itu masalah hukum/syar’i yang bersifat Ilahiyah yang berdampak pada ditinggalkan dan dilaksanakan nya sebuah “amal perbuatan” bagi ummat Islam.
Bayangkan kalo nanti di akherat ada yang masuk “neraka” lalu ditanya kenapa ente masuk neraka? lalu yang masuk neraka ngejawab ” aku masuk neraka karena “Maen FesbuK” (Jokes :D ) So… napa mudah membuat Halal dan Haram ??


Anonim berpendapat: assalam,
maaf! aku cuma numpang lewat, dari sini kita bisa liat kualitas kyai-kyai kita yang gatek, padahal kanjeng rasul nyuruh kita untuk terus belajar, parahnya udah gaptek sok tau…… Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMPP : Santri) se-Jawa Timur, sebaiknya mengadakan penelitian sebelum memutuskan perkara, untuk menguatkan bukti.
mereka mikirin umat atau mikirin organisasi sih??
bohong kalau mikirin umat, soalnya hanya hal2 tertentu aja yang dilarang, ga merata ataupun menyeluruh.
buat aku sih, MUI jangan asal fatwa, ntar dapet dosa karena itu, atau menjerat orang2 kedalam fitnah,
wasalam.


Senoaji Berpendapat : jangan-jangan ntar kelamaan hidup juga diharamkan. yang penting bagaimana kita menyikapi pesbuk itu aja.


Tethe Berpendapat : Facebook haram? sungguh terlalu, padahal saya merasa, bisa berkomunikasi dengan teman2 lama saya
malah di haramkan. MUI dah kaya’ nabi aja padahal dalam hadist gak ada larangan sama sekali,,,
sekalian deh,,, larang YMan
biar MUI puas,,,
dikit-dikit haram….


Nafisa Berpendapat : wahane ga setuju kalo facebook haram, ane juga pengguna facebook. karena facebook ane jadi ketemu and bisa berhubungan ma para alumni pondok ane. gini – gini ane juga santri lo.


Rudy Berpendapat : Aku tau tuh penyebabnya kenapa para santri itu mengharamkan facebook dan friendster. Soalnya teman mereka di facebook gag nambah-nambah.


AgusNaim Berpendapat : yang jelas, selama saya nyantri dulu ga ada yang namanya ngenet. jangankan ngenet, nonton tivi aja nyolong-nyolong. hanya nonton bola aja yang diperbolehkan. so… jangan salahkan saya kalo akirnya saya berpendapat “facebook haram”, karena ga dibagi-bagi sama santri pondok, coba kita di ponpes dikasih kesempatan ngenet, pasti makin pinter dan tau dengan baik apa itu pesbuk” :D secara (sakjane secara iku boso endi toh?) pengguna pesbuk yang naruh poto2 ga jelas tidak lebih dari 1% dari seluruh pengguna pesbuk :D


Munawar AM Berpendapat : Siapa bisa membendung fenomena Facebook? Belum ada; KECUALI HATI NURANI, NALAR DAN KEKUATAN IMAN KITA.


Yoga Geraldo Berpendapat : facebook mw di haramkan ???? Kalo sanggup, nutup aja website nya ???? bukan apa sih..
ada di beberapa forum aku baca.. katanya gara2 salah satu santri ada yang dikirimi gambar porno di friendster… gara2 itu doang ?????? trus kata nya juga harus menggunakan facebook untuk ibadah ( dalam hal ini dikatakan secara islam..) emang nya pengguna facebook cuma muslim? (maaf bukan berniat SARA..), silahkan baca Dibalik Rencana Fatwa Haramnya Facebook. selain itu kalo di pikir2 aneh juga… emang santri di perbolehkan ngenet? masa sampe punya account di friendster? atau jangan2 ini kecemburuan karena gak di perbolehkan?. sampai2 mau mengharamkan facebook. Maaf kalo berpendapat agak keras… tp inget.. kita indonesia negara pancasila.. agama yg dipercaya ada banyak.. kita bukan negara islam.. jangan dikit” dipergunakan hukum islam.. klo semua hukum agama di pakai.. apa guna nya lagi hukum pidana dan perdata?
jangan gara2 1 pihak dan 1 kejadian yg gak penting..
lalu mengambil keputusan yg picik… Iku wae wise lah..


Semoga bermanfaat, Pendapat-pendapat seputar facebook Haram tersebut berasal dari sini. Mohon maaf beribu-ribu maaf, linknya nofollow. Jika ingin dijadikan dofollow ajukan permintaan melalui kotak komentar, akan segera dipasang di page khusus. Saya sedang menerapkan anjuran guru seo tangan gatal yang menyarankan agar saya mengurangi outbound link, haraf maklum, namanya juga dalam rangka belajar seo para pemula. Yuk tambahkan juga pendapat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar