Kamis, 22 Desember 2011

TUGAS SOFTSKILL

TUGAS SOFTSKILL

NAMA : RIDWAN

KLS :4AE12

NPM : 11208050

1. Beberapa prinsip-prinsip dibawah ini yang menjadi pedoman kegiatan sehari-hari dan pendorong bagi setiap orang dalam kegiatan berbisnis, antara lain :


a. Semangat Pelayanan Prima yang dilakukan : Pelayanan kepada pelanggan juga termasuk aspek komunikasi. Bahkan, ini bisa menjadi langkah kunci untuk menambah loyalitas pelanggan. Pada gilirannya, keputusan pelanggan bisa memicu munculnya iklan gratis dari mulut ke mulut. Selain itu Pelayanan prima biasanya berhubungan erat dengan bisnis jasa pelayanan yang dilakukan dalam upaya untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pelanggan atau konsumen, sehingga pelanggan merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan dengan baik dan benar. Menspesialkan pelanggan, menunjukkan bahwa pelanggan adalah raja.

Betapa pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan karena keberhasilan pelayanan prima dapat juga menimbulkan hal-hal sebagai berikut:

1. Pelayanan prima dapat menimbulkan keputusan pihak pelanggan untuk segera membeli produk yang kita tawarkan pada saat itu juga.

2. Pelayanan prima dapat menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhdap produk kita.

3. Pelayanan prima diharapkan dapat mempertahankan pelanggan agar tetap loyal (setia) menggunakan produk kita.

4. Pelayanan prima diharapkan dapat mendorong pelanggan untuk kembali lagi membeli produk kita.

5. Pelayanan prima dapat menghindarkan terjadinya tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang tidak perlu.

b. Semangat Fairnes : Semangat Fairness merupakan hal yang sangat mudah dipahami, tetapi sangat peka dan begitu penting yang perlu dimiliki setiap orang yang bekerja dalam suatu perusahaan. Hal ini menentukan bagaimana beretika yang baik terhadap sesama rekan atau bahkan kepada atasan atau bawahan. Dengan begitu akan tercipta jiwa yang sportif dalam setiap pekerjaan dengan rekan kerja sehingga akan menghasilkan output yang bagus pula. Memang pada dasarnya sulit untuk dilaksanakan dengan berbagai alasan, namun hal ini yang menjadikan seseorang berbeda dengan yang lain. Perbedaan inilah yang menjadikan seseorang akan unik dalam menjalankan tugas – tugasnya.

c. Semangat Harmonis dan Kerjasama : Dalam kegiatan di perusahaan, Semangat harmonis dan kerjasama akan tercipta bila mulai dari individu sudah tertanam jiwa menghargai dan kerjasama yang tinggi terhadap individu lain sehingga akan tercipta kelompok – kelompok bagian di perusahaan yang harmonis dan memiliki kerjasama yang kuat. Dan pada akhirnya akan tercipta individu – individu yang kompeten dalam bidangnya masing –masing. Semangat harmonis dan kerjasama haruslah tetap terjaga di dalam perusahaan dalam bidang apapun karena pada dasarnya memang seseorang bekerja dan melakukan tugasnya masing – masing. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang individu juga melakukan tugasnya dengan Team Work (kelompok kerja) sebagai suatu kesatuan yang utuh dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan. Dengan begitu betapa penting Semangat harmonis dan kerjasama dalam setiap komponen – komponen dalam setiap sistem perusahaan. Jika semangat harmonis dan kerjasama dilaksanakan dengan baik dan berjalan sesuai dengan yang di inginkan oleh seorang manajer, maka perusahaan tersebut akan menghasilkan output yang memuaskan.

d. Semangat kerja keras untuk maju : menurut saya sangat penting karena dengan kita bekerja keras dalam melakukan sesuatu hal dan pekerjaan semangat untuk sukses menuju masa depan yang cerah tentu memerlukan perjuangan sehingga jika ingin sukses sangatlah diperlukan untuk bekerja keras serta harus memiliki kemauan dan semangat untuk maju agar dapat meraih apa yang diinginkan.


e. Semangat hormat dan rendah hati :menurut saya saling menghormati tentu saja sangat penting sekali, hormat kepada sesama dan rendah hati kepada siapa saja tak menilai siapa dan terhadap apa, rasa hormat menunjukan bagaimana sikap kita terhadap orang lain dan rendah hati dalam menentukan sesuatu.

f. Semangat mengikuti hukum alam : kita sebagai makhluk hidup tentu harus mangikuti hukum alam kitapun harus bias merawat kekayaan alam.

g. Kejujuran adalah pangkal sukses : jika kita ingin sukses maka kita harus menjadi orang yang jujur, kejujuran adalah hal yang penting, kejujuran dalam melakukan sesuatu hal sangatlah diutamakan, jika kita jujur maka akan banyak orang yang mempercayai kita sehingga kesuksesan pun akan mudah diraih jika kita bertindak jujur

h. Semangat bersyukur : sebagai makhluk social tentunya kita memiliki agama serta keyakinan sehingga jika kita mendapat kesuksesan ataupun kebahagian maupun kesulitan tentunya kita harus selalu mengingat yang telah menciptakan kita sehingga kita harus selalu bersyukur atas karunia yang diberikan kepada kita.


2. Berilah komentar dan tanggapan saudara atas pernyataan dibawah ini : bisnis apapun adalah bagian dari suatu system social dan atas dasar itu mempunyai hak dan tanggung jawab. Kebebasan untuk mengejar tujuan-tujuan ekonomis dibatasi oleh hukum dantersalurkan melalui kekuatan pasar bebas, tetapi tuntutan tersebut bersifa minimal, karena hanya menuntut agar bisnis menyediakan barang dan jasa yang diinginkan, bersaing secara fair dan tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain.


Menurut saya : menurut saya bisnis itu sendiri merupakan peluang yang sangat bagus untuk meningkatkan taraf ekonomi atau keuangan khususnya bagi pemula tentunya tidaklah mudah untuk melakukan bisnis kita harus mengetahui strategi apa saja yang diperlukan dalam berbisnis, peluang apa saja yang akan didapat jika kita berbisnis, ancaman apa yang akan dihadapi pada saat melakukan bisnis, serta harus memiliki kekuatan untuk bias bersain dengan bisnis-bisnis yang lain, kelemahan apa saja yang dimiliki, jadi dalam berbisnis itu kita harus sangat teliti baik secara intern ataupun ekstern

Tidak ada komentar:

Posting Komentar