Selasa, 29 Desember 2009

ANALISIS ARUS KAS

Proyek Kas di Karo Banyak Terima Kucuran Dana Apbn Tapi Dibiarkan Terlantar

Status proyek Karo Agro System (KAS) di puncak 2000 Desa Kacinambun, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo yang diwartakan telah menelan biaya Rp 25 miliar masa Bupati Karo Sinar Peranginangin, kini keberadaanya semakin tidak jelas.
Selain mengunakan dana APBD terbatas 2003-2005, disinyalir proyek KAS yang kini sudah terbengkalai itu mendapat kucuran dana dari APBN dan sumbangan-sumbangan dari pihak swasta. Data rinci global dan rencana lanjutan proyek KAS masa kepemimpinan Bupati Daulat Daniel Sinulingga juga tidak diketahui pasti dilanjutkan atau dibiarkan terlantar.
Diperoleh informasi, selain berbiaya besar, tujuan awal program KAS merupakan satu pendekatan tepat yang memperlihatkan keunggulan dalam mendayagunakan dan mensinerjikan potensi sosial-ekonomi dan sumber daya lokal melaluli modernisasi pertanian secara corporate system.
Pendekatan seperti ini mampu meningkatkan produktifitas pertanian, memperkuat jaringan serta membangun keterkaitan usaha untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian petani dan UKM dapat memperoleh bagian nilai tambah secara proporsional yang pada gilirannya dapat mewujudkan pembangunan daerah secara berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar